Ads 468x60px

Sabtu, September 11, 2010

Sekolah Ilmu Perencanaan Kota di Indonesia...

Sekolah Ilmu Perencanaan Kota di Indonesia...
Ilmu perencanaan wilayah dan kota saat ini merupakan salah satu bidang ilmu yang bergengsi di Indonesia. Terlepas dari masih semrawutnya tata kota yang ada di Indonesia, diharapkan dengan marak bermunculannya perguruan tinggi mengenai tata wilayah kota akan memutus mata rantai budaya perencanaan buruk yang selama ini berlangsung. Di tinjau dari ilmu nya, perencanaan sangatlah luas, seorang analis perencanaan harus mempunyai latar belakang wawasan yang mencukupi dalam berbagai bidang ilmu lainnya seperti ekonomi, arsitektur, lingkungan, komunikasi, informatika sehingga dapat menghasilkan produk perencanaan yang aplikatif. Hal ini lah mengapa terjadi ketika seorang mahasiswa tingkat S1 merasakan suatu kejenuhan karena luasnya bidang ilmu yang harus diketahui. Hal ini pulalah yang dapat kita sebut bahwa ilmu perencanaan bersifat lintas disiplin. Karena penggunaan wawasan keilmuan bukan hanya dari satu bidang ilmu saja.

Asal muasal ilmu perencanaan di Indonesia berkembang dari jurusan keilmuan yang sudah eksis lama terlebih dahulu, misalnya untuk sekolah perencanaan di Universitas Diponegoro (Semarang) dahulu merupakan embrio yang dilahirkan oleh jurusan arsitektur sehingga nuansa architect planner lebih kental. Di Undip kurikulum lebih menekankan kepada urban design walaupun prosentasi kurikulum yang proporsional juga dibagi dengan kajian mengenai wawasan pengembangan wilayah (regional studies). Di Untar (tarumanegara) Jakarta ilmu perencanaan telah lebih terspesialisasi untuk menghasilkan ahli perencana dalam bidang real estate. Di UGM Yogyakarta ilmu perencanaan kota bermula dari jurusan geografi. Banyak perguruan tinggi lainnya di daerah ilmu perencanaan berkembang dari fakultas ekonomi khususnya jurusan ekonomi pengembangan wilayah.

Kemudian berangkat dari disiplin ilmu yang sedang sangat populer saat ini yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG) / Geographic Information System (GIS) maka seorang perencana kota akan memasuki ranah disiplin ilmu informatika yang di ITB Bandung dikenal dengan sebutan jurusan Geomatika. Intinya meskipun awal sekolah perencanaan berdiri unik bagi masing-masing perguruan tinggi. Namun kesemua itu diharapkan hanya berujung terciptanya lingkungan kehidupan manusia yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar