Ads 468x60px

Jumat, Februari 20, 2009

TROTOAR

Kita semua pasti mengenal apa yang disebut dengan trotoar, jalur bagi pejalan kaki di kanan kiri pinggir jalan. Jalur ini sangat berguna untuk melindungi para pejalan kaki dari lalu lalang kendaraan bermotor di kota. Faktanya, jalur trotoar di kota saat ini sudah kehilangan fungsinya, selain selalu berpola putus nyambung karena terpotong jalur keluar kendaraan dari tiap kapling properti di sebelah luarnya, jalur trotoar juga dipakai oleh banyak masyarakat kelas bawah sebagai tempat berjualan, berdagang atau dikenal pula dengan istilah pedagang kaki lima (PKL). Akibatnya tiap kali kita berjalan di atas trotoar akan mengalami pola gerak yang berkesan, yaitu naik turun dan berbelok. Hehe. Pertama, naik turun karena putusnya jalur trotoar dengan jalur sirkulasi kendaraan keluar dari suatu kapling pinggir jalan. Kedua, berbelok karena badan trotoar digunakan para PKL sebagai tempat memasak dagangan mereka atau sebagai tempat duduk para pembeli, akhirnya pejalan kaki harus memutar ke depan warung tenda PKL, hal ini terakhir ini berbahaya karena berpapasan dengan lalu lintas kendaraan yang lewat di ruas jalan tersebut.
Fenomena di atas tersebut, mengakibatkan kenyamanan kawasan kota tersebut, khususnya bagi masyarakat pejalan kaki (yang tidak memiliki kendaraan seperti kelompok masyarakat lainnya) semakin termarjinalkan. Mereka semakin kekurangan aksesibilitas dalam pergerakan dalam kota. Trotoar yang mereka punyai sebagai fasilitas andalan dalam bergerak kini telah di ‘traktor’ in oleh kepentingan lain yang lebih besar demand-nya. Dalam disiplin ilmu arsitektur, pasti bisa dicarikan desain trotoar yang bisa mengakomodir berbagai kepentingan yang menggunakan trotoar. Bagi para stakeholder kota, ini merupakan salah satu hal kecil dalam penataan kota, namun jika diperhatikan dan ditindaklanjuti penataannya, yakinlah hal tersebut akanmemberikan dorongan yang besar dalam meningkatkan vitalitas kota :). Hehe. Semoga.

2 komentar:

Lilis mengatakan...

Untuk tambahan informasi terkait postingan di atas bisa juga lihat di link : http://pena.gunadarma.ac.id/trotoar-kota-dan-arsitek/

faethbacani mengatakan...

No information found about this game - DrmCD
No 평택 출장마사지 information 정읍 출장마사지 found about 창원 출장안마 this 바카라 사이트 추천 game - 청주 출장마사지 DrmCD

Posting Komentar