Ads 468x60px

Selasa, September 30, 2008

Pendahuluan
________________________________________

Identifikasi masalah adalah tahapan pertama yang biasa dilakukan didalam proses perencanaan.
Identifikasi masalah dengan jelas akan memudahkan didalam proses pengkajian selanjutnya dan bahkan memudahkan untuk penyelesaiannya.
Untuk mengidentifikasikan masalah, seseorang harus mengetahui struktur dan informasi yang diperolehnya.
Untuk mengetahui suatu informasi mengandung masalah atau tidak, dapat mempergunakan Metoda Scanning.

Tujuan Identifikasi Masalah
________________________________________

Tujuan kajian identifikasi terhadap suatu informasi mengandung masalah atau tidak adalah untuk 'memisahkan' informasi-informasi yang mengandung suatu masalah dari keseluruhan informasi yang di dapatkan.
Dengan 'pemisahan' tersebut, diharapkan masalah-masalah yang terdapat di dalam informasi tersebut dapat diketahui secara lebih jelas.

Pendekatan Masalah Dengan Metoda Scanning
________________________________________

Pada dasarnya, untuk mengetahui bahwa suatu informasi mengadung masalah atau tidak, dapat dilakukan dengan memperhatikan bentuk, isi dan struktur dari informasi tersebut.
Disamping itu, untuk melakukan kajian tersebut, karakteristik masalah itu sendiri harus dikuasai terlebih dahulu. Berbagai karakteristik masalah telah diberikan pada pertemuan terdahulu.

Review : Karakteristik Masalah
________________________________________

Kondisi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Kondisi yang menyebabkan terjadinya kerugian tertentu.
Kondisi yang membutuhkan penyelesaian.
Kondisi yang membutuhkan informasi atau diskusi lebih lanjut.

Prinsip Dasar Metoda Scanning
________________________________________

Metoda Scanning bersifat 'scanning', atau 'mengkaji dengan cepat' terhadap bentuk, isi dan struktur dari kata atau kalimat informasi yang diterima.
Oleh karena itu, setelah informasi yang mengandung masalah ini didapatkan melalui metoda ini, segera harus dilakukan pengujian-pengujian, baik pengujian secara teoritis maupun praktis, untuk lebih memastikan adanya masalah-masalah tersebut.






Metoda Scanning
________________________________________

Kajian Terhadap Bentuk Kalimat dan Jenis Kata.
– Bentuk kata atau kalimat tanya.
– Penggunaan kata diluar normal.
Kajian Terhadap Isi Informasi.
– Informasi Dampak Yang Ditimbulkan.
– Perbandingan Terhadap Standar-standar Normatif.
– Perbandingan Terhadap Teori-teori Perencanaan.
– Perbandingan Terhadap Aspek-aspek Proses Yang Harus Dilakukan.


Kajian Bentuk Kata/ Kalimat:
1. Kalimat Tanya
________________________________________

Informasi mengandung masalah, dapat disampaikan dalam bentuk kalimat tanya, karena kalimat tanya membutuhkan penjelasan/ jawaban.
Berbagai jenis kata tanya dapat digunakan sebagai petunjuk bahwa informasi tersebut mengandung suatu masalah, misalnya: bagaimana, apakah (how); mengapa (why); kapan (when); siapa (who); dimana (where); dan sebagainya.
Beberapa contoh penggunaan jenis kata tanya tersebut:
– Mengapa terjadi kesenjangan pertumbuhan antara wilayah X dengan wilayah Y?
– Berapa pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dapat dicapai oleh Indonesia pada kondisi saatini?
– Siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas terjadinya krisis ekonomi Indonesia yang berkepanjangan ini?
– Bagaimana caranya meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam pembangunan?


Kajian Bentuk Kata/ Kalimat:
2. Kata/ Kalimat Abnormal
________________________________________

Informasi mengandung masalah dapat dideteksi dengan memperhatikan penggunaan kata-kata khusus yang menunjukkan kondisi ‘abnormal’, atau kecenderungan bernuansa ‘pesimistis’ atau bahkan 'over-optimis'.
Berbagai jenis kata yang menunjukkan infromasi ‘abnormal’, misalnya: kurang; sangat; terbatas; sedikit; terlalu; merosot; menurun; berlebihan; dan sebagainya.
Contoh:
– Pemerataan pertumbuhan ekonomi antara kota dan desa tampaknya tidak akan dapat tercapai.
– Kurangnya potensi yang ada di wilayah X, menyebabkan wilayah tersebut kurang diminati oleh para investor.
– Banyak sekali investor yang ingin menanamkan modalnya di kawasan industri yang letaknya sangat strategis tersebut.
– Pertumbuhan ekonomi Indonesia merosot tajam, pada tahun 1997?
Kajian Isi Informasi:
1. Dampak Yang Ditimbulkan
________________________________________

Informasi mengandung masalah dapat dideteksi dari penjelasannya terhadap dampak sesuatu, khususnya dampak yang bersifat negatif yang menimbulkan kerugian-kerugian yang tidak diinginkan.
Berbagai jenis kata yang menunjukkan informasi adanya dampak ini adalah: menyebabkan; mengakibatkan; menghasilkan; mengeluarkan; menimbulkan; dan sebagainya.
Contoh:
– Kesenjangan pertumbuhan antar kota dan desa telah menyebabkan terjadinya urbanisasi besar-besaran, sehingga mengakibatkan wilayah perdesaan mengalami kekurangan tenaga kerja.
– Pengembangan berbagai sarana dan prasarana di suatu wilayah telah mengakibatkan banyaknya investor yang ingin menanamkan modalnya di wilayah tersebut.


Kajian Isi Informasi:
2. Perbandingan Normatif
________________________________________

Informasi mengandung masalah dapat dideteksi dengan melakukan perbandingan terhadap standar-standar normatif perencanaan, seperti aturan pelaksanaan, surat keputusan, peraturan pemerintah, undang-undang, dan sebagainya.
Dengan informasi penyimpangan atau ketidakcocokan dengannya, merupakan petunjuk yang adanya masalah di dalam informasi. Adapun kata-kata kunci yang dapat digunakan sebagai petunjuk adalah: meyimpang; melanggar tidak cocok; berbeda; kurang dari; lebih dari; tidak sesuai; melenceng; tidak tepat; dan sebagainya.
Contoh:
– Jumlah sarana sekolah dasar yang berjumlah 2 buah di kawasan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan penduduk setempat.
– Perletakkan pabrik di kawasan ini melanggar Peraturan Daerah No. X tahun Y tentang Tata Ruang Kawasan.
– Pembongkaran bangunan kuno dan bersejarah tersebut menyimpang dari Surat Keputusan Walikota tentang Konservasi Bangunan Kuno dan Bersejarah.


Kajian Isi Informasi:
3. Perbandingan Teori Perencanaan
________________________________________

Informasi mengandung masalah dapat dideteksi dengan melakukan perbandingan dengan berbagai teori, konsep, metoda, formulasi, rumus-rumus, paradigma ilmu perencanaan. Untuk melakukan metoda pengkajian ini, tentu saja, dibutuhkan penguasaan atas ilmu perencanaan itu sendiri.
Dengan informasi penyimpangan atau ketidakcocokan dengannya, merupakan petunjuk yang adanya masalah di dalam informasi. Adapun kata-kata kunci yang dapat digunakan sebagai petunjuk adalah: meyimpang; melanggar tidak cocok; berbeda; kurang dari; lebih dari; tidak sesuai; melenceng; tidak tepat; dan sebagainya.
Contoh:
– Pembangunan rumah susun murah di pusat perdagangan di pusat kota tersebut tidak sesuai dengan konsep-konsep teori lokasi.
– Penyelesaian permasalahan perumahan kumuh yang bersifat pragmatis dan praktis, yang tidak berhasil tersebut tidak sesuai dengan konsep-konsep perencanaan yang komprehensif.


Kajian Isi Informasi:
4. Perbandingan Proses Perencanaan
________________________________________

Informasi mengandung masalah dapat dideteksi dengan melakukan perbandingan terhadap berbagai aspek yang terkait dengan proses yang seharusnya dilalui atau dilaksanakan, seperti terhadap tujuan, tahapan, pelaksana, waktu pelaksanaan dan sebagainya.
Dengan informasi penyimpangan atau ketidakcocokan dengannya, merupakan petunjuk yang adanya masalah di dalam informasi. Adapun kata-kata kunci yang dapat digunakan sebagai petunjuk adalah: meyimpang; melanggar tidak cocok; berbeda; kurang dari; lebih dari; tidak sesuai; melenceng; tidak tepat; dan sebagainya.
Beberapa aspek proses yang dapat diamati adalah:
– Tujuan
– Tahapan Proses
– Aktor Pelaksana
– Jadwal Pelaksanaan
– Struktur Biaya Pelaksanaan
– Biaya Pelaksanaan


Kesimpulan
________________________________________

Metoda Scanning yang bersifat 'scanning', atau 'mengkaji dengan cepat' dapat digunakan untuk mengetahui dengan segera apakah suatu informasi dari data sekunder mengandung masalah atau tidak.
Suatu informasi mengandung masalah atau tidak dapat diketahui melalui bentuk, isi dan struktur kalimatnya.
Daftar Pustaka
________________________________________

Babbie, Earl. 1983. The Practice of Social Research. Wadsworth Publishing Company, California.
Nachmias, David and Nachmias, Chava. 1987. Research Methods in The Social Sciences. St. Martin's Press, New York.
Schumacher, Sally and McMillan, James H. 1993. Research in Education: A Conceptual Approach. Harper Collins College Publishers, New York.

0 komentar:

Posting Komentar