Ads 468x60px

Jumat, Februari 20, 2009

PAMERAN FOTO CALEG-SEBUAH CUPLIKAN FENOMENA

Menjelang Pemilihan Umum kota-kota di Indonesia penuh sesak dengan berbagai atribut reklame dari berbagai parpol dan caleg yang memamerkan foto dengan tampang manisnya masing-masing. Ada yang memasang susunan giginya yang teratur, ada yang mengusung nama anaknya yang menjadi artis di ibukota negara, ada yang bergaya menunjuk ke arah persawahan (biar kelihatan perhatian terhadap petani), ada pula yang mengandalkan senyum memikatnya. Tak lupa desain poster dan baliho diselingi dengan slogan dan perkataan yang bombastis. Hehe. Kalau dipikir-pikir, ramainya baliho dan poster parpol dan para caleg ini tak lebih dari sekedar pameran foto saja. Kita Cuman disuguhin mana kandidat yang wajahnya lumayan, mana yang pas-pasan, mana yang wah, juga cuman sekadar kata-kata hiburan karena biasanya mereka para caleg memakai kata-kata yang agak nyeleneh untuk mengundang simpati publik yang melihat ke arah baliho dan poster mereka.
Komunikasi politik yang coba dibangun oleh para politisi ini tak lain hanya sekadar pameran foto, karena rakyat tak mengenal para kandidat tersebut lebih jauh, utamanya apa tindakan nyata yang telah dilakukannya untuk membantu rakyat di sekitarnya. Bahkan, untuk sekadar membedakan dari partai mana si caleg berasal seringkali masyarakat tak hafal, dikarenakan banyaknya warna-warni partai, apalagi mengingat nomor urut dan nomor urut partai. Hehe.
Dari segi elemen estetika kota, jelas keberadaan reklame pemilu di kota-kota Indonesia sudah sangat menurunkan citra estetika kota. Dinding-dinding pinggir jalan, pohon-pohon tak luput dari tempelan reklame. Grafiti musiman. Hehe.

0 komentar:

Posting Komentar